Buka Puasa Jam 12 Siang

Menjadi Orang Baik

Hi friends?, there are many people in the world, and they are live in a luxuary life. Some people live in proverty life. Islam is peace, my religion is very unique and easy. One of religion in the world have a best ordinance, i am awing this religion, i think, without islam, we are never know about a straight road, we must to pray, fast, and etc. Bercerita tentang puasa, bukan sekedar menahan lapar dan haus aja, ada banyak hal yang harus dijahui, entah itu berpacaran, nge-ghibah, nge-bully orang bahkan tanpa sebab. Pas puasa itu, banyak banget yang jualan takjil yak, emang bulan ramadhan itu bulan yang penuh berkah, rezeki ngalir terus. Apalagi orang sering yang sedekah tuh, Inshaallah Allah balas kebaikannya di bulan yang penuh ampunan ini. Aamiin.

Keanehan yang sering gue liat di setiap pusat perbelanjaan adalah, kenapa harus ada orang jualan di siang bolong?, Apakah lu menyadari itu?. Indonesia banget kan, sebelum lebaran beli baju, mukena, sendal, peci, sarung, semuanya serba baru, itulah gue dan mereka. Ya, mungkin setiap orang punya antibodi yang berbeda, ada yang fisiknya kuat, ada juga yang lemah. We don't know about it. Saking nggak kuatnya nahan haus sama laper, terpaksa kudu buka puasa sebelum waktunya, nggak malu sis-bro sama orang-orang non muslim?, apa kata mereka?. Mata gue bener-bener liar waktu itu, rada kesel sih. Coba liat simpur deh, salah satu tempat belanja yang paling banyak dikunjungi oleh semua kalangan. Pas gue lihat, di lantai atas itu ada banyak banget orang yang jualan, beragam pokoknya, yang paling menggiurkan adalah es kepal milo dan es buah, rasanya nih tenggorokan pingin langsung diguyur sama es itu. Cacing-cacing di perut mulai bergoyangan dan mulai bersuara. My point is ''Apakah agama hanya sebatas formalitas semata?'', kalo untuk kaum hawa sih bisa dimaklumi lah, mereka mungkin lagi datang bulan. But there are many boys in the canteen, gue yakin dia pasti islam, jelas! karena si pacar atau si istrinya itu pake jilbab.

Dengan bahagianya, mereka makan siomay sama es dugan depan gue, what the hell?, saat itu gue lagi cepu banget, emang nggak berani negor sih, takut dikeroyok satu mall. Ah tau apa gue tentang agama?, jalanin aja hidup lo itu!, atau ada pertanyaan-pertanyaan lain yang bakal bikin gue emosi, sedih woy sebagai umat muslim, puasa itu kayak nggak jadi bahan intropeksi diri. Padahal dari puasa kita bisa belajar banyak hal, terutama SABAR. Puasa nggak akan bikin lo mati kok, kan udah sering dibilangin, kalo puasa itu bikin tubuh jadi sehat. I can't explain more above how to true fast?. It is necessary to respect on your religion, right?

Semua orang itu lagi pada sensitif, dikit-dikit marah, Ya, karena emang laper bawaannya marah. Gue heran aja, para penjual pakaian dan sejenisnya itu pada nggak masang muka ceria gitu, wajah mereka kayak penuh kekecewaan cuy!. Semua pedagang berlomba-lomba untuk menjual habis barang dagangannya, ada yang kerjanya semangat, penuh gairah ada juga yang duduk termenung. I swear, mata gue bener-bener lagi jelalatan pas itu, ngeliat manusia empet-empetan demi beli baju yang murah, yang mereka inginkan, yang cocok sama badan mereka. Actually, masih banyak men toko-toko yang majang barang bagus, tapi ya kita nggak tahu ya, selera orang kan beda-beda.

Semoga bulan puasa yang akan datang, para pedagang makanan dan minuman bisa lebih sadar. Stop menggoda para pembeli!, jangan hidupkan aroma-aroma menggugah yang baunya merasuki hidung, seketika si cacing pun mulai menggerutu, ''Kami Lapar''!. Kan bisa jualannya pas menjelang sore, rezeki mah nggak kemana, tenang aja. Dan kita juga harus tahu diri lah, usahain fisik kita ini kuat, imannya juga. Biar kalo ada yang ngehasut diri kita, kita nggak akan peka sama hasutan negatifnya itu. Hati-hati juga lho sama temen, one of your friends will agitate you, if you don't have a strong fortress, you will fixated by persuasion of them.

I hope, semoga puasa bulan ini bisa menjadi bahan sadar diri untuk puasa tahun depan, semoga kita semua masih diberi oksigen oleh yang kuasa, Aaamiin. Semoga raga kita masih kuat dalam menangani segala hal yang menjatuhkan. Karena islam tidak pernah mempersulit segala sesuatunya, kita wajib sadar dengan hal tersebut, dan seharusnya kita bertanya pada diri kita sendiri?, Apakah saya sudah menjadi manusia yang baik?, apakah saya sudah amal ma'ruf nahi munkar?, apakah saya sudah bisa memanusiakan manusia?, gue juga harus sadar, karena gue sendiri masih jauh dari kata baik. Decided to be a good person !, cause, when you live in the world, you will meet many peoples, they have different character. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, tanpa harus menjatuhkan harga diri orang lain. And i hope, may it happen we can to share our money, our food, our time and our mind to help all people in our circles.

Semoga kita bisa lebih mengerti dengan norma-norma yang ada.

Comments